Home » » BANGSA MAJU DENGAN BERKARAKTER

BANGSA MAJU DENGAN BERKARAKTER

Perbincangan untuk menjadikan Negara ini maju dari jaman kemerdekaan sampai saat ini tidak ada habisnya, mulai dari hipotesa, seminar, pendapat sampai yang berdasarkan sejarah maupun dalil-dalil yang dianggap menjadi solusi yang sebenarnya ternyata hanya utopis belaka, khayalan. Tidak ada realisasi yang nyata dari semua elemen bangsa.

Ketika tidak ada realisasi mereka beralasan tidak ada kesatuan gerak diantara kita semua untuk mewujudkan Negara yang maju sehingga hal ini dijadikan sebagai alibi bahwasanya pendapatnya benar hanya saja warga Negara Indonesia tidak siap untuk melakukan sebuah perubahan bagi bangsanya. Ya, inilah mental diri kita yang selalu mencari ‘kambing hitam’ untuk menutupi suatu kesalahan yang kita buat, sebuah mental bobrok yang tidak diperlukan di Negara ini. Apalagi dengan menyalahkan Negara-negara lain yang Amerikalah, Israel lah, yahudi lah dan lah-lah lainnya. Apakah anda berharap Negara ini menjadi maju setelah menghancurkan Amerika dan antek-anteknya gitu. Sebuah mental primitive yang tidak siap untuk menjadi bagian dari sebuah peradaban dan kemajuan suatu bangsa.

Sampai kemudian banyak orang-orang mencoba berkiblat kepada Negara – Negara maju untuk kemudian menjadikan hasil kemajuan yang dicapai oleh Negara tersebut untuk diterapkan di Negara kita, dan kemudian apa yang terjadi? Yang terjadi adalah bangsa ini semakin tidak jelas arah kemajuan yang dicapai dan semakin kehilangan jati diri. Mereka benar-benar tidak belajar tetapi berkhayal tentang sebuah kemajuan bagi negaranya. Mereka tidak akan pernah mengerti akan sebuah porses kemajuan untuk bangsa ini.

Bagi kami jati diri sangat diperlukan untuk menggapai sebuah kemajuan, kemajuan apapun itu harus dimulai dari diri sendiri bukan berasal dari jati diri yang meniru orang lain. Dalam sebuah riwayat disebutkan pahamilah dirimu sendiri untuk memahami Allah, untuk mengenal Allah sebagai Tuhan Alam Semesta harus berangkat dari diri sendiri. Kelak ketika manusia mengerti akan hakekat dirinya sendiri maka tabir rahasia Allah akan dibuka oleh Allah sendiri. Sehingga mempelajari hal lain dengan tujuan untuk mengerti hakekat Allah tentu akan sangat sulit dan mustahil.

Di dalam dunia wirausaha maupun dunia kerja ada suatu metode yang sangat terkenal yaitu metode analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Treath) suatu metode untuk mengetahui kemampuan maupun kelemahan diri kita sendiri. Berangkat dari analisa diri sendiri akan didapatkan perhitungan yang matang dan akurat untuk mendapatkan kemenangan maupun menghindari sebuah kekalahan dan kelemahan. Metode analisis SWOT telah banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun individu-individu yang telah mencapai kemajuan maupun kesuksesan yang luar biasa di dalam bidangnya masing-masing. Dari metode analisis SWOT satu hal pokok yang dapat dipelajari adalah kemajuan, kesuksesan, keberhasilan (apapun itu) selalu berangkat dari memahami diri sendiri, hal ini kami anggap sebuah konsep yang diambil dari ‘pahamilah dirimu sendiri untuk memahami Tuhanmu’.

Kenapa harus berangkat dari diri sendiri? Adalah sebuah pertanyaan dasar yang harus kita jawab dengan rasa ketauhidan, rasa nurani yang paling dalam sebagai insan kamil dengan tujuan untuk memperoleh jawaban yang mampu untuk dijadikan pedoman dalam hidup. Berangkat dari sebuah dalil bahwasanya tidak ada kesempurnaan di dunia ini (kesempurnaan hanya milik Allah) dimana Allah telah menjadikan alam semesta agar berjalan sesuai dengan tugasnya yang telah ditetapkan untuknya, masing-masing tidak ada yang lebih unggul dari lainnya. Mereka hanya melaksanakan tugas sebagai hamba Allah sesuai dengan fungsi yang telah diberikan, tidak lebih dari itu. Apakah itu manusia, hewan , tumbuhan, batu, air, bulan, matahari, makhluk ghaib dan semua makhluk lainnya.

Dengan demikian Allah telah menganugerahkan potensi maupun kemampuan bagi tiap makhluknya berbeda-beda, tidak ada yang sama persis, hal ini bertujuan agar terjadi harmonisasi diantara semua ciptaan yang ada. Bayangkan seandainya semua makhluk hidup diberikan kemampuan dan potensi yang sama tentu alam semesta akan semrawut dan langsung terjadi kehancuran yang maha dahsyat. Bayangkan seandainya di negeri ini semuanya menjadi presiden, atau semuanya menjadi tukang becak, atau semuanya menjadi ulama, atau semuanya rame-rame menjadi anggota DPR? …………………………………

Allah Maha Adil dengan segala ciptaanNya, Allah tidak akan dholim kepada makhluknya sedikit pun, hanya saja makhluknya yang tidak mengerti akan Maha Keadilan Allah. Pun demikian jika Allah memberikan potensi yang berbeda bagi tiap-tiap makhluknya dengan tujuan agar mereka bisa saling berharmonisasi atau saling melengkapi kekurangan dan kelebihan dalam kehidupan ini tentu Allah telah memberikan suatu potensi bagi semua bangsa maupun Negara-negara di dunia ini. Sejenak kita belajar dari Negara Jepang. Setelah kalah dalam perang dunia ke dua dimana Negara dalam kehancuran total dan menyisakan berbagai masalah kehidupan, namun Negara tersebut dapat bangkit dan dapat disejajarkan dengan Negara-negara maju lainnya dalan kurun waktu tidak kurang dari tiga dekade, sebuah pencapaian yang luar biasa menurut saya. Dan lihatlah kemajuan negeri Jepang yang dicapai saat ini tapi identitas yang mencirikan sebuah Negara matahari terbit tidak hilang sama sekali, ya mereka telah belajar untuk tidak meniru maupun mengekor Negara lain, tapi bangsa itu melihat ke dalam kemudian bergerak keluar dengan melihat perubahan zaman yang ada.

Kita mundur kebelakang, bagi anda yang suka dengan sejarah kebudayaan islam. Kekhilafaan islam begitu maju, dan kuatnya sampai-sampai orang islam saat ini begitu termanja dalam euphoria sejarah masa lalu. Gaung-gaung untuk menerapkan sistem islam dalam segala sendi kehidupan begitu kuatnya dengan harapan kejayaan masa kemarin akan terulang di masa besok. Orang-orang seperti ini tidak pernah belajar untuk memahami kehidupan dengan benar, mereka hanya mempelajari apa yang tampak diluar (kulitnya). Kalau kita pahami dengan benar bahwasanya kemajuan orang islam dicapai memang dicapai dengan mendayagunakan segala potensi yang diberikan oleh Allah sesuai dengan tempat maupun daerah yang ditempati yang disesuaikan dengan perubahan zaman saat itu.

Konsep untuk menjadikan ideology islam diterapkan di Negara ini kami pikir adalah konsep yang salah kaprah, hal ini akan menyebabkan kita tidak akan mengalami kemajuan sedikit pun. Maksud kami ideology islam yang diterapkan adalah benar-benar mengaplikasikan seluruh sendi kehidupan sesuai dengan kehidupan islam. Apakah anda ingin mengatakan arabisasi? Tunggu dulu, bukan arabisasi tapi islamisasi maksud saya. Kalau begitu anda harus tahu bedanya islamisasi dengan arabisasi. Jangan kemudian Negara ini mau dibuat arabisasi, semua model kehidupan harus mencontohkan kehidupan orang-orang arab atau dengan dalil mencontoh rosulullah. Ok lah saya sangat sepakat kalau kehidupan kita mencontoh rosulullah tapi ingat benang merahnya adalah mana yang menjadi inti ajaran mana yang menjadi sebuah kebudayaan dan kebiasaan.

Contoh kecil kebudayaan arab yang sangat berbeda dengan kebudayaan kita adalah dalam tata karma. Di Negara arab seorang suami memanggil istrinya dengan namanya sendiri adalah bukanlah hal yang tabu di Negara tersebut, maksud saya jika si suami namanya hamdan sementara si istri namanya zaenab, maka si suami memanggil istrinya sehari-hari dengan sebutan wahai zaenab tentu hal itu telah terjadi kepantasan jika diterapkan di Negara arab dan sekitarnya. Tetapi jika kebiasaan tersbut diterapkan di Negara ini akan menyebabkan sebuah ketabuan. Si suami dianggap tidak dapat menghormati pasangannya sebagai wanita yang terhormat, lain lagi jika panggilannya diantara mereka berdua mas dan adik, wah akan terjadi sebuah keromantisan dalam rumah tangganya donk. Atau contoh kecil lainnya sebuah tata karma yang perlu dilestarikan adalah jika kita berjalan kemudian dipinggir jalan ada orang-orang duduk kita akan mengatakan nunsewu atau permisi untuk sekedar menghormati bagi mereka yang sedang duduk karena kita sedang berdiri. Dan masih banyak sekali contoh-contoh lainnya.

Tapi yang saya lakukan kan sesuai dengan perilaku rasulullah. Ya betul! makanya saudara jangan mempelajari suatu ajaran itu dari kulitnya saja tapi pelajari juga inti ajarannya agar anda mengerti kehidupan dengan sebenarnya. Kalau anda menerapkan kebiasaan orang-orang arab di Negara ini tentu anda akan terasing di negeri sendiri. Pahamilah inti ajarannya kemudian aplikasikan dengan keluhuran budaya setempat. Maka jadilah islamisasi bukan arabisasi, ketika hal itu yang anda lakukan anda akan maju sebagai manusia yang berkarakter sesuai dengan titah yang telah diberikan oleh Tuhan.

Negeri ini pernah mengalami kemajuan yang luar biasa, sejarah telah banyak mencatatnya, tanah maupun bumi telah bicara apa yang telah dicapai oleh bangsa ini pada masa lampau. Berbagai kerajaan telah mengukir prestasinya di zamannya masing-masing tentu tidak kalah dengan sejarah keislaman. Bahkan menurut penelitian seorang professor dari Brasil pada tahun 2008 bahwasanya negeri atlantis yang pernah ada dan hilang bak ditelan bumi terletak di tanah jawa, tentu bukan sembarang penelitian tapi penelitian yang telah dilakukan oleh seorang professor. Atlantis bukanlah Negari biasa tapi sebuah Negari yang luar biasa sampai-sampai plato menyebut negeri tersebut sebagai negeri langit, negeri khayangan karena begitu majunya peradaban yang telah dicapainya.

Bukanlah agama yang membuat maju suatu Negara tetapi identitas diri sendiri yang dapat membuat maju suatu Negara. Kalau pada zaman sekarang ini istilah populernya disebut KARAKTER. Ya namanya karakter. Saat ini ramai gembar-gembornya adalah pendidikan berkarakter, dengan tujuan menjadikan Negara ini menjadi Negara berkarakter dan muaranya adalah kemajuan bagi bangsa. Saya sangat sepakat sekali, kita harus mempunyai karakter yang khas sebagai Negara Indonesia. Bukan berkarakter dengan mencontoh karakter Negara lain. Ingat kerajaan sriwijaya sangat maju pada jamannya karena mereka tidak lupa dengan karakter negaranya sendiri, meskipun sebagai kerajaan hindu tapi mereka tidak menerapkan kehidupan agama hindu seperti di Negara asalnya yaitu India, tapi mereka membuat asimilasi untuk diterapkan di Negara sendiri jadilah mereka menjadi Negara yang berkarakter sehingga mencapai kemajuan yang luar biasa, buktinya keberadaan candi prambanan dan candi lainnya di Negara ini. Candi sebagai tempat peribadatan di Negara Indonesia kalau kita teliti akan sangat berbeda sekali dengan tempat peribadatan agama hindu di Negara india, di Negara tersebut tidak ada bangunan candi seperti yang terdapat di tanah jawa. Prambanan adalah hasil dari asimilasi produk orang-orang jaman dahulu untuk menjadikan negeri ini tetap berkarakter. Pun demikian candi-candi lainnya.

Puncaknya adalah terjadi agama budha-syiwa yang terjadi di era majapahit, sejarah mencatat majapahit adalah sebuah kerajaan yang luar biasa hebat, dan sangat besar daerahnya. Satu lagi terjadi proses asimilasi antara agama yang disesuaikan dengan karakter Negara sendiri yaitu budha-syiwa. Tidak ada di dunia manapun sebuah ajaran budha yang dicampur dengan hindu yaitu syiwa. Bukan hanya dalam agama saja tetapi dalam segala sendi kehidupan yang telah dicapai tanpa menghilangkan karakter yang dimiliki, hal ini wajar sehingga banyak manuskrip-manuskrip kuno dari Negara-negara lain yang pernah berafiliasi maupun bersahabat dengan Negara majapahit sebut saja negeri tiongkok maupun negeri-negeri lainnya.

Apa yang menjadi kesimpulan hari ini adalah pentingnya sebuah ‘karakter’ untuk menjadikan Negara ini menjadi Negara yang maju, Negara yang jaya dan disegani oleh Negara-negara lain. Kita telah mempunyai karakter yang khas yang telah diberikan oleh Allah kepada Negara ini, ingat Allah telah memberikan semua potensi berikut peralatannya untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju. Untuk memahami bagaimana karakter yang kita miliki tentu kita harus belajar dari diri sendiri, memahami diri sendiri dan sejatinya diri kita. Untuk belajar memahami diri sendiri tentu kita tidak akan berangkat dari karakter Negara lain atau bahkan mencontoh karakter Negara lain kemudian kita terapkan di Negara Indonesia ini. Menurut kami jika hal tersebut dilakukan tentu akan mustahil untuk mencapai tujuan sebuah Negara maju, karena perbuatan tersebut telah melanggar sunatullah, ya betul sunatullah. Segala potensi yang telah diberikan oleh Tuhan bagi Negara ini tidak dimaksimalkan dengan benar sehingga akan terjadi berbagai kekacauan di segala sendi kehidupan. Jadilah bangsa ini menjadi bangsa yang kehilangan jati diri, kufur terhadap pemberian Allah. Hal ini sama saja ketika negeri ini telah diberikan perangkat yang lengkap untuk menjadi Negara maju eeee malah memakai perangkat Negara lain, apa itu bukan namanya kufur. Ingat dalam Al Qur’an disebutkan yang artinya “bersyukurlah diantara kamu niscaya Kami akan menambahkan (kenikmatan) kepadamu, jika kamu kufur (ingkar) sesungguhnya adzab Kami sangat pedih (dahsyat)”.

Apakah mungkin negeri ini telah di adzab oleh Tuhan karena kurangnya rasa syukur bagi rakyatnya terhadap pemberian Tuhan yaitu jati diri bangsa? Mudah-mudahan tidak demikian. Berbagai masalah sendi kehidupan muncul, kompleksitas masalah telah mencapai puncaknya tapi banyak orang tidak mengerti bagaimana mencari solusi yang benar karena mereka mencari solusi dari luar padahal solusi telah ada di dalam diri sendiri. Kita tinggal menggalinya kembali dan kemudian memunculkan kembali di permukaan untuk dijadikan sebagai blue print, prototype suatu bangsa dengan harapan negeri ini maju dan jaya yang berangkat dari pemahaman diri sendiri dan memunculkan karakter dari dalam sendiri. Leluhur nusantara telah banyak meninggalkan ajaran-ajaran luhur yang mencerminkan karakter bangsa ini, yang menjadikan negeri ini pernah jaya pada jamannya, kita tinggal mempelajari kembali blue print yang telah ditinggalkan oleh leluhur nusantara ini kemudian kita terapkan dan asimilasikan dengan kehidupan di zaman sekarang. Demikianlah yang namanya bersyukur yaitu memaksimalkan pemberian Allah dengan benar yaitu menjadi insan kamil yang beramanah.

Tidak peduli apa agama anda, apakah islam, Kristen, hindu, budha, ataupun konghucu karena bagi kami agama kecil pengaruhnya bagi kesuksesan maupun kemajuan suatu negara. Kuncinya adalah berangkat dari diri sendiri untuk mengenal diri sendiri, analisis SWOT. Hal ini sesuai dengan sunatullah siapa saja yang berhasil mengenali dirinya kemudian memaksimalkan potensinya maka dialah yang mendapat kesuksesan. Bukan suatu agama yang dapat menjadikan manusia menuju sebuah kesuksesan tapi kesuksesan muncul dari berbagai manusia dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Tapi masalahnya negeri ini mayoritas islam! hallo saudara, mau islam ataupun agama lain silakan saja tapi satu yang harus dipegang dan diingat adalah jangan melupakan jati diri bangsa yang telah diberikan Allah kepada kita, karena jati diri itulah yang harus kita pegang dan kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari dan jati diri itulah sebagai amanah Allah yang telah diberikan kepada bangsa ini.

Masihkah anda bermimpi menjadi Negara besar dengan mengekor Negara lain?, kalau itu yang anda lakukan silahkan anda terus bermimpi. Tapi siapkah anda menjadi Negara yang maju dengan berangkat dari dalam sendiri? Kalau itu menjadi pilihan anda bersiap-siaplah menjadi bagian dari suatu Negara yang besar dan maju. Salam budaya. Salam asih asah asuh.

JAYALAH NEGERIKU, JAYALAH NUSANTARAKU JAYALAH INDONESIAKU.

0 komentar:

KUNCI LAN BIBIT SANGKAN PARANING DUMADISAMPURNANING DUMADIDUNUNGE ANGKORO KANG MANGGON ONO TRILOKO BIBIT DUMADIPANGERTEN SEDULUR PAPAT LIMO PANCERBAB AKSORO 20 LAN PANGERTEN HAWA NAFSUBAB TEMBUNG GUSTIBAB TEMBUNG NGELMU TEMBUNG KEBATHINANPANGERTEN BAB REH MANGUKUT / WARONGKO MANJING CURIGOPANGERTEN BAN ROSO LAN ROS ROSINGSERAT HIDAYAT JATI SANGKAN PARANING DUMADIKonsep ke Tuhan anKonsep Tuhan dan ManusiaKonsep Kepemimpinan dan BernegaraKonsep IlmuKonsep BertetanggaKonsep KeluargaKonsep HidupHakekat DiriMacam-Macam Puasa Ala Kejawen Pahala Sebanyak Bintang di LangitWAHYU TERAKHIR KEPADA RASULULLAH SAW Fathimah az-zahra rha dan Gilingan GandumRela Dimasukkan ke Dalam NerakaMangkuk yang Cantik, Madu dan Sehelai RambutNabi Sulaiman AS dan Seekor Semut (2)HIKMAH DI BALIK PENCIPTAAN SYAITANKurma Madinah RASULULLAH S.A.W. DAN UANG 8 DIRHAMRASULULLAH S.A.W. MENDATANGI KAFILAH DAGANGGUNUNG MENANGIS TAKUT TERGOLONG BATU API NERAKAMATI SYAHID SELEPAS MENGUCAPKAN SYAHADAHJALAN MENUJU WUSHUL KEPADA ALLAH TA'ALADIPOTONG TANGAN KERANA MEMBERI SEDEKAHKISAH ASAL USUL BEKAS TAPAK KAKI NABI IBRAHIM A.S (MAQAM)KISAH PERLAWANAN ANTARA SEORANG LELAKI DAN IBLISRAHSIA KHUSYUK DALAM SEMBAHYANGKeberanian Saad bin Abu Waqqash ra.PENGERTIAN SYIRIKMemahami Makna TauhidGurau dan Canda Rasulullah SAWKambing dan Alat TenunPermohonan si Miskin dan si Kaya Nabi Sulaiman AS dan Seekor Semut (1)Jibril AS, Kerbau, Kelelawar, dan CacingRASULULLAH S.A.W. DAN SEORANG ARAB BADUINIAT TAUBAT MENUKAR ARAK MENJADI MADUMENAHAN LAPAR SEMALAMAN KERANA MENGHORMATI TETAMUJANGAN MENYIKSA DIRIKISAH NABI SALLEH A.S DAN UNTA DARI BATU KARANGPERBUALAN ANTARA RASULULLAH S.A.W DENGAN IBLISKISAH DARI KITAB ALLAH YANG DAHULUKAIN KAFAN DARIPADA RASULULLAH S.A.WLIMA BELAS BUKTI KEIMANANNABI IDRIS DAN PEDOMAN HIDUPArti Bacaan Ayat 15 dan Khasiatnya'AUJ BIN UNUQ DIBINASAKAN OLEH BURUNG HUD-HUDKISAH ASAL USUL HAJAR ASWADKEJUJURAN SEORANG SAUDAGAR PERMATAJURU DAKWAH YANG TIDAK GENTARSUARA KUBUR JENAZAH FATIMAH AZ-ZAHRAMABUK DALAM CINTA TERHADAP ALLAHORANG YANG PALING BERANISAUDARA MARA, KEKAYAAN DAN AMAL PERBUATANPENDERITAAN YANG DIALAMI OLEH ABU HURAIRAHKISAH UNTA MEMATAHKAN RENCANA ABU JAHALBALASAN MENINGGALKAN SOLATKISAH SEORANG KRISTIAN MASUK ISLAMKELEBIHAN AYAT KURSINABI ILYAS A.S DAN MALAIKATKISAH BERPISAHNYA RUH DARI JASADKISAH MALAIKAT JIBRIL DAN MALAIKAT MIKAIL MENANGISKISAH LUQMAN AL-HAKIM DENGAN TELATAH MANUSIAPAHLAWAN NERAKAORANG YANG MENANGIS KERANA TAKUTKAN ALLAHMAKANAN DARI HASIL TILIKPAHALA MEMBANTU TETANGGA DAN ANAK YATIMKISAH SI PEMALAS DENGAN ABU HANIFAHRIAK MEMUSNAHKAN PAHALAKISAH PEMUDA YANG BERNAMA 'UZAIRKAMAR-KAMAR DI SYURGAKISAH SEEKOR ULAT DENGAN NABI DAUD A.SHIKMAH BERBAKTI KEPADA KEDUA IBUBAPAKATA-KATA dan NASIHAT dari IBNU QAYYIMCara Berdo'a Yang Makbul dan Cepat DiijabahMAYAT BANGUN DARI KUBURKISAH KELEBIHAN BERSELAWAT KE ATAS RASULULLAH S.A.WKISAH TEMPAT TINGGAL RUHRASULULLAH S.A.W. DAN PENGEMIS YAHUDI BUTA12 AZAB BAGI MEREKA YANG MENINGGALKAN SEMBAHYANG10 JENIS SOLAT YANG TIDAK DITERIMA OLEH ALLAH S.W.TKISAH BINATANG YANG BERNAMA HURAISYUNTA MENJADI YANG HAKIMANAK KECIL YANG TAKUT API NERAKABANGUNAN YANG TIDAK RUSAK DAN PEMILIK YANG TIDAK BOLEH MATIKISAH WALI ALLAH YANG SOLAT DI ATAS AIRKISAH PENDITA YANG INSAFALLAH S.W.T. MENOLAK 1 DOA DARI 3 DOA RASULULLAH S.A.WKASIH SAYANG ALLAH S.W.TMINUM ARAK PUNCAK SEGALA KEJAHATANJENAZAH BERUBAH MENJADI BABI HUTANPERCAKAPAN MUSA A.S DENGAN TUHANAYAT KURSI MENJELANG TIDURAWAN MENGIKUTI ORANG YANG BERTAUBAT10 PESANAN ALLAH S.W.T KEPADA NABI MUSA A.S.BATU-BATU YANG ANEH5 WASIAT DARI ALLAH S.W.T. KEPADA RASULULLAH S.A.WMANUSIA BERHADAPAN DENGAN ENAM PERSIMPANGANKISAH NAFSU YANG DEGIL PADA PERINTAH ALLAHKELEBIHAN BERPUASA PADA 10 MUHARRAMKISAH NERAKA JAHANNAMNabi Khidir mengubati dengan Asmaul Husna IIAmalan yang paling disukai AllahTakziah kepada keluarga Rasulullah SAW Sekilas tentang SihirKEPEKAAN BATHIN, FIRASAT, ILMU SABDAJUMLAH WIRID / ZIKIRKISAH BUMI DAN LANGITKISAH BERKAT DI BALIK MEMBACA BISMILLAHKISAH PEMUDA BERIBU-BAPAKAN BABI Tuhan Selalu Memberikan PeringatanKisah Nyata, Wanita DurhakaCINTA SEJATI SEORANG IBU TERHADAP ANAK-ANAKNYATANDA-TANDA KIAMAT11 Pendekar Jagoan Dari JawaSalman Al-Farisi Pemimpin Yang Rendah DiriANTARA SABAR DAN MENGELUHTENTANG KESURUPANPengorbanan SuciMemahamai Dimensi Materi, Ruang dan WaktuBANGSA MAJU DENGAN BERKARAKTERIlmu Laduni, Antara Hakikat dan KhurafatAWAN TERANG MAJAPAHIT IISketsa KemanusiaanSEJARAH NUSWANTOROAgama Dan WayangSUMPAH BUDAYA 2011Khidir Datang Menegur PeniagaKisah Khidir dan Abu MahjanNabi Khidir memberi pengajaranNabi Khidir datang ke Baitul HaramNabi Khidir mengobati dengan Asma'ul HusnaWAHYU KEPRABON & GORO-GOROPUSAKA KEPEMIMPINAN TERTINGGIPEMEGANG OTORITAS WAHYU KEPRABONSIMBOL LEGITIMASI KEKUATAN SUPRAFORMAT ULANG NUSANTARACAKRA MANGGILINGANGORO-GOROSATRIA PAMBUKANING GAPURAPARTNER SATRIA PAMBUKANING GAPURATentang KesabaranAzimat RajahRuqyah Manta RAHASIA DIBALIK HURUF LATINCara cepat membangkitkan TENAGA DALAM part.02Cara cepat membangkitkan TENAGA DALAM part.01Aji Nyangsang BerbalikKebal Senjata TajamAji Lembu SekilanPanglimunanAji DipaAji BrajamustiAji Gelap NgamparAji PenatasanAji Sirep Wimanasara.Aji PamelingAji Penunduk PejabatAji Bandung BondowosoAji Saifi AnginAji Sembogo PengasihanMEMBANGKITKAN DAN MENGENDALIKAN TENAGA DALAM ASMA'UL HUSNA AMALAN PINTAR ANTI PIKUNAmalan Sholawat Syeikh Ali Al-TarabulsiIlmu Genius Al Cerdas Dari Rasullullah SAWTata Cara Dalam Mengisi Batu AkikMENGENDALIKAN PIKIRAN ORANG AGAR MENGIKUTI KEHENDAK KITA Amalan Serbaguna Maghrobi Tingkat TinggiKeutamaan Asma Ul HusnaILMU PUTER GILING VERSI BUNG KARNOWERUH SAK DURUNGE WINARAH VERSI BUNG KARNOKhasiat Wirid 99 Asma Ul HusnaAmalan Serba GunaIlmu Sabdo PanditoFaidah Akhir Ayat Surat HasyarMEMINTA BANTUAN SEDULUR PAPAT LIMO PANCERCara Melihat Saudara Kembar GaibILMU AMPUH, HATI-HATI MENGAMALKANNYAILMU TAUHID (MANDI TOBAT)MANTRA SUCI NAN SAKTIPAGAR GHAIB KHODAM MACANIlmu Cipto GumonoAJIAN RAJAH KALACAKRAKEILMUAN GRATIS BUAT ANDA BENTENG GHAIB Sholawat Khusus Untuk KeuanganDua Amalan Khusus RejekiAMALAN MOHON KAYAMembuat Sarana Uang BibitRizki Lahir Batin Dan Pembuka KekayaanRITUAL HIBAH DANA GHOIB 2RITUAL HIBAH DANA GHOIB 1Amalan Untuk Tiap HariRitual Uang Balik IIILMU GAIB TENTANG UANGAMALAN REZEKI SEGALA PENJURURITUAL UB atau UANG BALIK PELET ORA ISO LALIAJIAN PELET ISTERIMantera Kirim Impen3 Amalan Pilihan Orang PintarPelet MojokenconoDua Amalan Pengasihan PribadiPELET YA WADUDUPENGASIHAN SYAHADAT BUMIMAHABBAH SYEH MAGHROBI IIPENGASIHAN ARJUNA CELORCara Membuat Pelet Minyak JanangPengasihan TEJA ASMARAMantra Pelet Berdasarkan WetonBertemu Kekasih Lewat MimpiUntuk Wanita Yang Sulit JodohPengasihan Air WudhuPelet Puter KelentengMAHABBAH SYEH MAGHROBISUSUK GAIB AURA YUSUFMantra KewibawaanIlmu Pengasihan Aura YusufPENGASIHAN AYAT 15Mantra Pengasihan Sinduka MimpiPelet MojokenconoPelet Pelintir MericaPengasihan BerjalanDicintai Siapa Saja DOA SAEFI MUGHNI ATAU DOA MOHON KAYAPELET YA WADUDUJimat Keselamatan, anti tuyul dan Gangguan JinPengendalian Pikiran MENINGKATKAN PERFORMANCE "ACCU" Membuat Sendiri Obat Tradisional Untuk Penyembuhan Beberapa PenyakitMembuat Resep Tradisional Khusus Dewasa Yang MujarabMendeteksi SantetMengobati Sakit MataMengobati Sakit PerutMengobati Sakit GigiMengobati Orang Kena PeletMengobati Mata Dengan Daun Sirih Mengetahui Tabiat dan Watak SeseorangBerbagai Tumbuhan BerkhasiatMAKNA DIBALIK TAHI LALAT SESEORANGMencari Arah Keberhasilan Berdasarkan Hari dan WetonWATAK SESEORANG BERDASARKAN BULAN LAHIRNYAUnsur Elemen Pada Tubuh ManusiaGairah Sexs Wanita Berdasarkan Ciri-ciri FisikMeramal Perjodohan Berdasarkan Hari LahirSaran Dan Larangan Menanam TanamanPAMALI ATAU HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARIWatak Seseorang Berdasarkan Hari LahirKarakter Atau Watak Perempuan Berdasarkan Tanggal LahirMelihat Tabiat Wanita Berdasarkan Kitab Tajul MulukKayu, Kegunaan & Daya Yang DipunyainyaFirasat Menurut Perilaku HewanCARA MERAMAL PEKERJAAN YANG COCOK MENURUT HARI LAHIRRumus menghitung potensi keberuntunganMERAMAL PEKERJAAN MENURUT MANGSA DAN HARI KELAHIRANFirasat Tentang Kejadian AlamFIRASAT SAAT KEDUTAN ATAU KEDUTENFIRASAT WANITA SAAT MENSTRUASIFIRASAT SAAT TELINGA BERDENGINGMEMPERKIRAKAN FIRASAT DENGAN SUASANA HATIFIRASAT SAAT KITA BERSIN YANG TAK TEDUGAMERAMAL WATAK SESEORANG DARI TAI LALATNYA RAMALAN WATAK MANUSIA BERDASARKAN TANGGAL LAHIRNYAMEMILIH PASANGAN WANITA BERDASARKAN TUBUHRAMALAN WATAK MANUSIA BERDASARKAN WARNA FAVORITNYARAMALAN WATAK MANUSIA WATAK ANUSIA BERDASARKAN WUKURAMALAN WATAK MANUSIA BERDASARKAN WUKU DAN KELAHIRAN NGLAMATAKE KEDUTENFIRASAT TENTANG MAKHLUK HALUSMERAMAL ARTI MIMPI 1001 ARTI DAN RAMALAN MIMPI MERAMAL ARTI MIMPI